Sabtu, 12 Maret 2011

Perekonomian Indonesia Diprediksi Tidak Terimbas Gempa Jepang

Echopedia - Pemerintah Indonesia memprediksi gempa Jepang belum akan menimbulkan dampak pada perekonomian Indonesia. Jepang memiliki pengalaman dalam kesiapan dan penanggulangan dampak gempa di wilayahnya. Indonesia memiliki hubungan yang cukup bagus dalam perdagangan dengan pemerintah Jepang.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Istana Kepresidenan, Jumat (11/3) menyebutkan bahwa masih terlalu pagi membicarakan dampak bencana Jepang terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

Gempa sebesar 8,9 skala richter disertai Tsunami yang terjadi Jepang terjadi Jum'at kemarin menggetarkan bursa Asia sampai hari ini. Gempa tersebut menambah deretan kekhawatiran investor di pasar keuangan global yang masih dihantui oleh gejolak politik di kawasan Timur Tengah, Afrika Utara dan krisis utang zona Eropa.

Anjloknya Indeks Dow Jones industri yang jatuh menembus lebih dari 200 poin dibawah level psikologis 12.000 dalam perdagangan kemarin memberikan sentimen negatif bagi bursa Asia, ditambah lagi dengan berita gempa yang mengguncang Jepang Jum'at siang. Pada perdagangan Jumat (11/3) indeks Nikkei 225 merosot 179,95 poin (1,72 persen) ke level 10.254, posisi terendahnya sepanjang hari ini. Bursa Hong Kong juga anjlok 1,55 persen, bursa Seoul turun 1,31 persen, bursa Singapura terkoreksi 1,04 persen, bursa Australia turun 1,18 persen, serta bursa India juga tergelincir 0,84 persen.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More